fbpx

3 Skema Pembayaran Ketika Membeli Hunian Idaman di Kertamulya Residence

Diposkan pada 2 Desember 2021

Aktivitas berkelana mencari rumah pertama bersama pasangan atau keluarga tercinta merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan. Apalagi jika akhirnya kamu menemukan rumah idaman yang menawarkan uang muka dan harga yang sesuai dengan kemampuan.

Setelah kamu menemukan rumah idamanmu. Kini, saatnya Anda memikirkan bagaimana cara membeli rumah tersebut.  Ada beberapa skema pembelian properti yang bisa kamu lakukan ketika membeli hunian idaman di Kertamulya Residence. Skema pembelian tersebut di antaranya adalah tunai, tunai bertahap, dan kredit. Berikut adalah penjelasan masing-masing skema cara membeli rumah disertai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

3 Cara Membeli Rumah di Kertamulya Residence yang Bisa Kamu Pilih

1.      Tunai atau Cash Keras

Metode pembayaran Tunai atau Cash Keras adalah ketika kamu melakukan pembayaran harga properti secara penuh dalam waktu kurang lebih satu bulan setelah kesepakatan pembelian.

Cara yang satu ini cocok dilakukan ketika kamu berniat untuk beli rumah yang ekonomis di Kertamulya Residence dan memiliki dana ‘menganggur’, atau dana yang memang tidak kamu gunakan untuk membiayai kebutuhan sehari-hari ataupun dana darurat, dalam jumlah cukup besar.

Kelebihan:

  • Tidak memiliki kewajiban utang atau membayar angsuran dalam jangka waktu panjang.
  • Berpeluang mendapat potongan harga yang lebih besar dibandingkan cara pembayaran lainnya.

Kekurangan:

  • Membutuhkan modal cukup besar, karena harga properti sangat tinggi.
  • Sulit melakukan investasi lain karena sebagian besar dana harus dialokasikan untuk pembelian rumah.

2.      Tunai Bertahap atau Cash Lunak

Tunai bertahap adalah metode pembayaran yang dilakukan secara bertahap, tetapi dalam kurun waktu yang lebih singkat dibandingkan angsuran melalui bank. Umumnya, metode pembayaran ini membutuhkan waktu 6 hingga 24 bulan.

Kelebihan:

  • Bisa mendapatkan diskon dari penjual atau pengembang, meskipun tidak sebesar konsumen cash
  • Tidak direpotkan dengan administrasi karena cicilan rumah tidak dibayarkan kepada bank, melainkan langsung kepada pengembang.
  • Tidak perlu menanggung utang dalam waktu lama.

Kekurangan:

  • Nilai angsuran atau cicilan rumah yang harus dibayarkan cukup besar karena jangka waktu pelunasannya lebih pendek dibandingkan KPR.
  1. Kredit Pemilikan Rumah (KPR Syariah)

Cara beli rumah dengan kredit yang melibatkan pihak bank Syariah. Kamu akan membayar cicilan rumah ke bank Syariah dalam kurun waktu yang lama.

Berbeda dengan KPR Konvensional, banyak keuntungan memilih pembayaran KPR Syariah. Selain berkah, pembayaran dengan sistem KPR Syariah adalah keterbukaan dalam transaksi, cicilan yang stabil, dan uang muka yang ringan.

Kelebihan:

  • Tidak membutuhkan modal besar karena kamu hanya perlu menyiapkan tanda jadi dan uang muka.
  • Risiko hukum sangat minim

Kekurangan:

  • Memiliki kewajiban cicilan dalam jangka waktu lama.
WhatsApp chat