fbpx

Apa itu KPR Syariah??

Diposkan pada 13 Maret 2019

KPR  Syariah adalah pembiayaan yang digunakan untuk membeli rumah secara kredit.

KPR syariah menggunakan akad murabahah.

KPR syariah ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan KPR yang konvensional, sistem yang digunakan oleh syariah jauh lebih unggul dan lebih aman, bebas riba dan tidak ada pihak yang dirugikan.

Cara membedakan KPR syariah dengan konvensional adalah terletak pada akadnya. Pada konvensional, KPR nya didasarkan pada suku bunga tertentu yang sifatnya tidak tetap (fluktuaktif), sedangkan KPR syariah bisa dilakukan dengan berbagai pilihan akad sesuai dengan kebutuhan nasabah, seperti skema murabahah (jual-beli), skema ijarah (sewa), skema ijarah muntahia bittamlik-IMBT (sewa beli), dan musyarakah mutanaqisah (kepemilikan bertahap)

Harga jual rumah sudah ditetapkan di awal saat nasabah menandatangani perjanjian pembiayaan jual beli rumah, dengan angsuran tetap hingga jatuh tempo pembiayaan. Adanya kepastian jumlah angsuran perbulannya yang harus dibayar sampai selesai, nasabah tidak akan dipusingkan dengan masalah naik/turunnya angsuran ketika suku bunga bergejolak. Nasabah juga diuntungkan saat ingin melunasi sebelum masa kontrak berakhir, karena pada bank syariah tidak akan mengenakan pinalti.

Ada beberapa keuntungan pada KPR syariah, yaitu diantaranya:

  • Nasabah tidak harus menyediakan dana secara tunai untuk membeli rumah. Cukup menyediakan uang muka. Karena, KPR syariah memiliki jangka waktu yang panjang, pembayaranpun dapat diiringi dengan ekspektasi peningkatan penghasilan.
  • Skema pembiayaan dengan jual-beli (murabahah), yaitu dimana jual beli barang dengan menyatakan harga perolehan dan keuntungan (margin) telah disepakati oleh bank dan nasabah (fixed margin)
  • Cicilan tetap dan meringankan selama jangka waktu tertentu, serta tidak ada unsur spekulatif
  • Bebas dari pinalti

Bagi anda dan keluarga yang ingin menggunakan KPR syariah dalam pembiayaan kepemilikan rumah harus teliti dalam memilih KPR syariah dan mengetahui betul aturan dan segala persyaratannya.

Semoga bermanfaat 🙂

Sumber :  https://www.kompasiana.com/matlexaw/54f7643ea33311d2338b47cf/kpr-syariah-adalah

WhatsApp chat