fbpx

Apa itu Mezzanine?

Diposkan pada 13 Maret 2018

Apa itu mezzanine?

Pasti sebagian orang masih ada yang terheran-heran dengan kata “mezzanine” bukan? Baiklah, maka dari itu kami akan mengulas mengenai apa itu mezzanine, fungsi beserta cara membuatnya.

Yuk simak penjelasannya!

Mezzanine adalah…

Mezzanine atau Entresol adalah lantai perantara antara lantai-lantai utama bangunan. Mezzanine berasal dari bahasa Italia “Mezzano” yang artinya “tengah”. Dalam dunia arsitektur, mezzanine merupakan lantai yang berada di tengah-tengah antara lantai-lantai utama, seperti misalnya lantai 1 dan lantai 2 atau lantai 2 dan lantai 3. Mezzanine biasanya juga memiliki bentuk yang menyerupai balkon dan mempunyai atap atau langit-langit rendah. Istilah ini juga digunakan untuk balkon terendah dalam teater, atau untuk beberapa baris pertama kursi di balkon.

Mezzanine ini tidak dihitung sebagai lantai suatu bangunan. Mezzanine juga bisa berupa tambahan selasar yang dibuat dari konstruksi yang sama dengan lantai lainnya. Mezzanine bisa juga berbentuk seperti balkon dengan atap atau langit-langit yang rendah.

Pembuatan mezzanine ini sendiri biasanya bertujuan untuk menambah tempat namun tidak perlu menambah jumlah bangunan. Karena jika ingin menambah lantai bangunan tentu biaya yang dikeluarkan lebih banyak apalagi jika harus merubah konstruksi bangunan. Hal itu sama saja
dengan membuat bangunan yang baru.

 

Fungsi Mezzanine adalah…

Adapun fungsi dari mezzanine bisa digunakan sebagai tempat untuk bersantai, ruang bermain atau ruang
keluarga. Bisa juga mezzanine ini difungsikan sebagai ruang baca atau perpustakaan pribadi karena suasananya lebih tenang. Bentuk ruang mezzanine punya sifat lebih terbuka karena tidak menggunakan pintu, sehingga tidak cocok untuk ruang pribadi seperti tempat tidur.

 

Bagaimana cara membuat mezzanine?
Syarat utama yang diperlukan untuk membuat mezzanine adalah ukuran jarak antara plafon atau atap dan lantai yang digunakan harus tinggi, minimal lima meter. Jika jarak tersebut lebih tinggi dari lima meter maka pembuatan mezzanine tentu akan lebih mudah dilakukan.

Karena ketinggian mezzanine yang paling baik juga tidak boleh berbeda dengan ketinggian ruang biasa yaitu sekitar dua setengah atau tiga meter. Jadi jika dijadikan satu maka ketinggian yang dibutuhkan untuk mezzanine ini adalah lima atau enam meter.

Jika ingin membuat ruang mezzanine setelah bangunan terlanjur jadi atau pada rumah yang ukurannya kecil serta ukuran dindingnya kurang dari lima meter bisa menggunakan ketinggian yang berada di bagian bawah genting atau atap. Caranya adalah dengan membongkar plafon lalu menggantinya dengan plafon lain yang bentuknya mengikuti ukuran miring atap diatasnya. Sehingga akan didapatkan ukuran dinding yang lebih tinggi. Di tempat inilah kemudian dibuat ruang mezzanine.

Mezzanine ini sebaiknya menggunakan kayu yang berukuran besar atau balok kemudian diberi kayu papan atau multiplek yang punya ukuran tebal minimal delapan belas milimeter sebagai lapisannya. Agar terlihat indah lapisan ini bisa ditutup dengan karpet yang berfungsi sebagai lantai.

Nah, sekarang sudah tahu kita sudah tahu kan apa itu mezzanine dan bagaimana cara membuatnya. Bahkan jika bangunan rumah kita sempit pun mezzanine tetap bisa dibuat. Mezzanine ini adalah salah satu solusi untuk membuat ruang dalam rumah yang sempit meskipun sedikit.

Yuk, buat mezzanine dirumah. Si ruang kecil yang bermanfaat.

Sumber :
http://imagebali.net/detail-artikel/332-pengertian-mezzanine-dan-teknik-membuatnya.php
http://tukangbata.blogspot.co.id/2013/02/pengertian-mezzanine-atau-entresol.html

WhatsApp chat