fbpx

Cara Bercocok Tanam Di Lahan Yang Sempit

Diposkan pada 23 Februari 2018

Cara Mudah Bercocok Tanam di Lahan Sempit

Semakin banyak orang yang mencari cara alami dan
efektif untuk menciptakan keindahan di rumah mereka.
Merancang sebuah taman depan rumah adalah salah satu
cara untuk mewujudkan suasana harmonis dan indah di
rumah. Selain itu, taman yang indah bisa menjadi
pemandangan yang menyenangkan untuk menyambut tamu atau tetangga Anda yang datang berkunjung.

Jika rumah Anda memiliki sebuah pagar dan jarak menuju
rumah cukup untuk membuat taman, tempatkan beberapa pot bunga untuk membuatnya terlihat lebih indah. Memiliki taman akan membuat tampilan rumah Anda terlihat lebih dinamis dan berwarna. Letaknya yang berada di depan rumah juga bisa membuat tetangga Anda yang lewat di depan rumah Anda menjadi senang saat melihatnya. Jadi tunggu apalagi untuk melihat ide taman mungil berikut?

Lalu aplikasikan pada rumah Anda!

1. Bercocok tanam dengan metode Tabulampot

Metode budidaya tanaman dengan metode tabulampot (tanaman buah dalam pot) ini tentunya sudah tidak asing lagi dan sudah sering digunakan untuk berkebun di rumah. Media tanam berfungsi sebagai tempat tumbuhnya akar dan untuk menopang postur tanaman. Oleh karena itu, media tanam tabulampot harus bisa menyimpan air dan memasok nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

Jika tidak ingin menggunakan pot, kamu juga bisa menggunakan polybag sebagai wadah tanam. Namun wadah tanam yang satu ini cenderung tidak tahan lama dan mudah sobek.

 

2. Budidaya tanaman secara Hidroponik

Sesuai dengan namanya yang berasal dari kata “hydro” yang berarti air, hidroponik merupakan metode bercocok tanam tanpa tanah, melainkan menggunakan air sebagai media tanam. Untuk menggantikan nutrisi dari tanah, air yang digunakan dalam budidaya tanaman diberi unsur hara yang berisi unsur-unsur penting yang dibutuhkan oleh tanaman. Metode ini pun memiliki banyak teknik, salah satu teknik yang paling sederhana dan mudah untuk diterapkan adalah teknik hidroponik wick.

Tanaman yang diproduksi dan dikembangkan dengan metode ini biasanya memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan tanaman yang dikembangkan menggunakan tanah, baik dalam hal rasa maupun kandungan gizinya. Tanaman yang bisa dibudidayakan di media tanam hidroponik adalah jenis tanaman hortikultura yang meliputi tanaman sayur, buah, obat-obatan hingga tanaman hias.

3. Bercocok tanam dengan metode Vertikultur

Vertikultur merupakan metode bercocok tanam yang paling tepat bagi Toppers yang memiliki pekarangan rumah yang sangat sempit dan terbatas. Sesuai dengan namanya yang berasal dari kata dasar “vertikal”, budidaya tanaman dengan metode ini memanfaatkan bidang vertikal sebagai tempat becocok tanam yang dilakukan secara bertingkat.

Metode ini sangat cocok untuk diterapkan dalam membudidayakan tanaman yang berumur singkat seperti sayuran. Berbagai macam sayuran seperti sawi, kangkung, seledri, kalian, pakcoi hingga tomat bisa dikembangkan dengan cara vertikultur. Selain menghemat pengeluaran untuk membeli kebutuhan dapur seperti sayuran, tanaman vertikultur juga dapat menghijaukan dan menambah keindahan pekarangan rumah kamu yang sempit.

4. Mengembangkan tanaman dengan metode Aeroponik

Aeroponik berasal dari kata aero yang berarti udara dan ponus yang berarti daya. Jadi aeroponik merupakan cara bercocok tanam yang memanfaatkan udara sebagai media tanam utama dengan akar yang hanya menggantung di udara, tanpa menggunakan tanah seperti kebanyakan teknik lainnya. Nutrisi berupa air yang berisi larutan hara untuk perkembangan tanaman disemprotkan langsung
pada akar tanaman. Akar tanaman yang dikembangan dengan metode ini akan menyerap nutrisi dari larutan hara dan mengalirkannya ke bagian tanaman lainnya seperti batang dan daun.

Pada dasarnya metode ini merupakan salah satu tipe dari metode hidroponik karena juga memanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam. Teknik ini menghasilkan tanam yang tumbuh lebih cepat dah produksi yang tinggi.

 

Terjawab sudah kebingunan sahabat semua untuk  membuat rumah yang sehat dan indah di lahan yang sempit. Sekarang punya rumah yang sempit bukan jadi kendala untuk tidak bercocok tanam yaa, karena setiap permasalahan hadir beserta solusinya. Yuk sekarang kita coba praktekkan 4 cara di atas, apalagi dikerjakan bersama dengan keluarga, pastinya akan lebih menyenangkan.

Selamat mencoba dan berbahagia 🙂

Sumber :

4 Cara Mudah Bercocok Tanam di Lahan Sempit


https://www.homify.co.id/ideabooks/2725298/7-ide-membuat-taman-mungil-di-depan-rumah-anda

WhatsApp chat