Cara Mengenalkan Allah kepada Anak

Diposkan pada 18 July 2019

Dimulai dari sejak dini, anak perlu dikenalkan pada Allah sebagai Sang Pencipta. Mengenalkan dan mengajarkan pada anak untuk mengikuti perintah Allah dan mejauhi apa yang di larang  oleh Allah. Biasanya, pada usia prasekolah keingintahuan anak tentang Allah mulai muncul. Mulai bertanya “Allah itu siapa?” jangan sampai kita tidak bisa menjawabnya dan juga jangan berpikir terlalu dalam untuk mencari jawabannya. Oleh karena itu, dalam mengenalkan anak pada Allah perlu dilakukan secara perlahan dan bertahap.

Berikut adalah tips memperkenalkan Allah kepada anak:

  1. Perkenalkan Allah melalui Hal-Hal yang Sederhana

Kita sebagai orang tua, bisa memperkenalkan tentang Allah dengan cara yang sederhana. Dengan mengaitkan keadaan dilingkungan sekitar.

  1. Mengajarlan doa-doa pendek yang mudah ia ikuti dan berikan penejalasan mengenai maknanya.

Selain mengajarkan doa-doa pendek, terangkan pula apa arti dan manfaat dari doa tersebut, agar anak bersemangat untuk mengamalkannya. Yakinkan juga sejak kecil, bahwa Allah pasti mendengar dan menjawab semua doa.

  1. Ajak ia memberi makan anak yatim piatu atau menyedekahi fakir miskin.

Meyakinkan pada anak bahwa Allah sayang pada hambanya yang mau berbagi. Terangkan pula pada anak mengenai manfaat sedekah.

  1. Ajarkan anak untuk senantiasa bersyukur

Rasa syukur menimbulkan rasa senang dan damai. Ajarkan pada anak tentang rasa syukur, sehingga ia merasa senang dan damai.

  1. Membacakan cerita mengenai kebaikan Allah

Banyak sekali kebaikan yang Allah berikan di alam semesta ini. Ceritakanlah kepada anak mengenai kebaikan Allah agar anak lebih peka terhadap kebaikan-kebaikan yang diberikan kepada Allah.

Mengenalkan Allah pada anak membutuhkan proses. Kita sebagai orangtua harus sabar dalam mendidik anak untuk mengenal Allah. Gunakan kelembutan dalam mengajarkan pada anak dan jangan sampai orangtua membentak anak. Semoga bermanfaat 🙂

WhatsApp chat