fbpx

Healthy Home

Diposkan pada 12 Februari 2018

Kita sering merasa kegerahan di rumah? Mungkin itu Kita sering merasa kegerahan di rumah? Mungkin itu
karena sirkulasi udara di dalam rumah Anda kurang
bagus. Cobalah buat ventilasi dengan jumlah yang cukup.
Kemungkinan besar rumah Anda menjadi lebih sejuk.Ventilasi bukan saja bisa menciptakan rasa nyaman dari
sisi kualitas udara. Tapi di sisi pencahayaan yang
sehat juga didapatkan dengan penempatan ventilasi yg
tepat. Pencahayaan tersebut memiliki banyak manfaat,
berikut kami ulas manfaat dari Venstilasi dan sirkulasi
udara yang baik, sebagai berikut :

1. Hemat Energi
Dengan keberadaan ventilasi, kita akan menghemat energy listrik karena kita akan mengurangi bahkan tidak menggunakan AC maupun kipas angin, sebagaimana kita ketahui listrik merupakan sumber daya alam yang lama dalam proses pembaharuannya

2. Mengurangi Kelembaban dalam Ruangan
Karena rutinnya udara kuar dan masuk ke dalam ruangan menjadikan ruangan minim terjadi kelembaban. Disamping itu dengan adanya ventilasi, maka cahaya dapat dengan mudah masuk ke dalam ruangan melalui lubang ventilasi. Sehingga dengan masuknya cahaya ke dalam ruangan, maka dapat mengurangi bahkan menghilangkan kelembaban dalam rumah.

3. Menghilangkan Gas-Gas Sisa
Seperti yang kita ketahui bahwa manusia ketika melaksanakan aktivitas pasti mengeluarkan energy sisa
dari pembakaran, seperti, aroma pembersih rumah, asap rokok, karbon monoksida, karbon dioksida (CO2), dan lain sebagainya. Dengan adanya ventilasi maka akan sangat bermanfaat dalam proses menghilangkan gas-gas tersebut dan menggantinya dengan yang baru.

4. Menghilangkan Uap Air yang Timbul
maksudnya adalah ketika kita memasak, mandi, dan
sebagainya di dalam rumah, maka dengan adanya ventilasi akan membantu mempercepat proses hilangnya uap air tersebut, sehingga udara di dalam rumah menjadi normal kembali.

5. Menghilangkan Kalor yang Berlebihan dalam Ruangan
Hal ini dikarenakan adanya pertukaran udara di dalam ruangan, yang dapat diartikan bahwa kalor atau panas yang berlebihan di dalam ruangan akan berkurang dengan masuknya udara segar dari luar rumah melalui ventilasi.

6. Menjadikan Rumah Sehat dan Nyaman
Menurut WHO World Health Organization menyatakan bahwa kualitas udara yang buruh di dalam ruangan menjadi salah satu faktor penyebab utama meningkatnya penyebaran penyakit menular dan kematian di negara-negara berkembang. Oleh karena itu, ventilasi yang memenuhi syarat dapat menjadi salah satu solusinya.

7. Memperindah Bangunan
Selain bermanfaat dari segi kesehatan, maka keberadaan ventilasi juga menjadikan bangunan ruangan menjadi indah dan artistic.

8. Menjadi Pintu Darurat saat Terjadi Kebakaran
Saat kebakaran terjadi maka seluruh manusia yang berada dalam ruangan yang terbakar harus segera keluar dari ruangan atau bangunan tersebut. Sehingga keberadaan ventilasi menjadi alternative sarana mengeluarkan diri dari ruangan yang terbakar tersebut.

9. Menjadi Warga Negara yang Baik
Hal ini dikarenakan saat kita melengkapi bagunan kita dengan ventilasi maka kita telah menjalani Permenkes (Peraturan Menteri Kesehatan) tentang pedoman udara dalam ruangaan rumah tahun 2011. Isi Permenkes tersebut yaitu bahwa setiap rumah seharusnya dilengkapi dengan ventilasi, minimal 10% dari luas lantai dengan penggunaan sistem ventilasi silang (cross ventilation).

Kesimpulan :

Jadi, sudah jelas bukan mengenai pentingnya ventilasi yang baik? Manfaatnya sangat banyak. Pastikan mulai dari sekarang ventilasi rumah anda dalam posisi yang tepat yaa, agar semua manfaatnya bisa kami dapatkan.

sumber : https://manfaat.co.id/manfaat-ventilasi-udara https://forum.rumah123.com/article-1414-
manfaat-ventilasi-bagi-rumah#PZUHWVE6TtsqyyDu.99

WhatsApp chat