fbpx

Jangan Nyesel! Pastikan Rumahmu Berkonsep “Green House”

Diposkan pada 24 Januari 2018

Penghijauan sangat penting untuk bumi yang sudah semakin menua. Banyak sekali manfaatnya bagi kehidupan manusia dan lingkungan. Penghijauan bukan hanya untuk memulihkan,memelihara, dan meningkatkan kondisi alam agar dapat terus berproduksi dan berfungsi secara optimal, baik sebagai pengatur tata air atau pelindung lingkungan. Tapi, melakukan penghijauan juga bermanfaat untuk peningkatan kualitas kesehatan dan keindahan.

Apalagi Penghijauan dilakukan di rumah sekitar. Sudah dapat dipastikan setiap hari kita mendapat udara yang segar. Penghijauan sangan banyak manfaatnya bagi manusia, karena manusi butuh udara segar, sehat dan bersih untuk dihirup setiap hari.

Berikut beberapa Manfaat Penghijauan bagi manusia :

1. Penghijauan Untuk Mencegah Banjir

Penghijauan dapat mengembalikan fungsi daerah resapan air di dalam kota. Daerah resapan air bisa berupa lapangan bola, taman kota dan hutan kota. Memelihara kawasan resapan air tersebut merupakan aksi nyata gerakan penghijauan. Manfaat penghijauan di kawasan ini adalah mengurangi debit atau limpasan air saat musim hujan karena meresap ke dalam tanah dengan mudah. Upaya ini adalah cara untuk mencegah terjadinya banjir perkotaan akibat pengurangan jumlah daerah resapan air.

2. Menjaga kualitas air tanah

Semakin banyak zona hijau dalam satu kota maka kualitas air tanah semakin baik. Penghijauan sangat penting untuk mempertahankan zona hijau di dalam kota. Ketidakseimbangan proporsi luas lahan hijau dan zona terbangun akan merusak kualitas air tanah. Limbah yang meresap ke dalam tanah akan merusak kualitas air tanah sehingga berdampak pada kesehatan apabila air ini kembali di konsumsi masyarakat.

3. Melindungi satwa/edhapis

Lingkungan hijau seperti hutan kota menjadi habitat bagi satwa seperti burung langka di kota. Penghijauan untuk hutan kota akan menyelamatkan populasi satwa langka yang berperan dalam sistem ekologi lingkungan.

4. Mengurangi polusi udara

Penghijauan pada koridor jalan juga berfungsi mengurangi polutan yang terbuang di udara. Tajuk pohon berfungsi membersihkan partikel padat seperti timbal dan akan menempel pada ranting dan batang pohon.

5. Mengurangi Dampak Hujan Asam

Polusi kendaraan dan pabrik berdampak buruk terhadap kualitas udara. Untuk mereduksi limbah polusi yang dilepas ke udara, dibutuhkan pepohonan untuk menyerap gas CO2 yang telah bercampur sulfur tersebut. Pepohonan akan mengurangi dampak pembuangan polutan agar udara yang dihirup lebih bersih.

 

Kesimpulan …

Penghijauan sangat penting bagi manusia. Penghijauan tidak hanya bisa kita rasakan diwilayah tertentu saja, namun didepan rumah kita pun bisa merasakannya dengan cara membuatnya sendiri. Banyak sekali manfaat dari Penghijauan bagi manusia. Sangat disayangkan jika kita tidak bergegas dari sekarang mementingkan penghijauan di lingkungan rumah. Maka dari itu, yuk sama-sama cintai lingkungan untuk mendapatkan udara yang sehat. Manfaatnya kita sendiri loh yang rasakan.

Happy Green House 🙂

 

Sumber : 

https://manfaat.co.id/25-manfaat-penghijauan-bagi-lingkungan-manusiahttps://fahmiygreen.wordpress.com/2012/09/25/manfaat-penghijauan-untuk-kesehatan-manusia/

WhatsApp chat