fbpx

Keistimewaan Nuzulul Quran

Diposkan pada 22 Mei 2019

Ramadhan adalah bulan diturunkan nya Al-Quran, dan tepat pada malam ke 17 Ramadhan yang merupakan hari bersejarah dalam perjalanan kitab suci Al Quran dan kita kenal dengan malam Nuzulul Quran. Apa itu Nuzulul Quran? Nuzulul Quran memiliki arti malam dimana Allah SWT menurunkan kitab suci Al-Quran kepada Rasulullah SAW.

Ada beberapa keistimewaan pada malam Nuzulul Quran, diantaranya adalah :

  1. Malam turunnya Al-Quran
    Sebuah keistimewaan malam Nuzulul Quran yang pertama yaitu malam turunnya Al-Quran. Dan ini tidak terjadi di malam-malam yang lain. Kitab suci Al-Quran ini diturunkan bukan untuk Nabi Muhammad sendiri tetapi untuk menjadi pembeda antara hak dan bathil juga menjadi petunjuk bagi umat Muslim.
  2. Diturunkannya Wahyu yang pertama
    Wahyu pertama yang diturunkan kepada NabiMuhammad adalah surat Al Alaq ayat 1sampai dengan 5. Saat wahyu tersebut diturunkan, Nabi Muhammad sedang menyendiri di Gua Hira. Setelah itu, datanglah Malaikat Jibril menyampaikan wahyu tersebut.
  3. Diangkatnya Nabi Muhammad SAW menjadi utusan Allah dan menjadi Nabi yang terakhir
    Tepat setelah menerima wahyu yang pertama, Nabi Muhammad diangkat menjadi seorang Rasulullah. Beliau juga merupakan Nabi Akhiruszaman, yang artinya adalah Nabi terakhir dan Nabi yang membawa kita dari zaman jahiliyah hingga menuju zaman yang terang benderang ini.

Dan kewajiban kita sebagai umat muslim yaitu selain mempercayai dengan adanya peristiwa Nuzulul Quran, kita juga harus mampu mengamalkannya dalam segala hal yang sudah di ajarkan Rasulullah SAW dalam beribadah kepada Allah SWT. Hal seperti ini menjadi salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT dan bentuk peringatan peristiwa yang sangat istimewa.
Malam nuzulul quran merupakan malam turunnya petunjuk bagi umat muslim dalam menjalankan kehidupan di dunia untuk menuju kehidupan abadi yaitu di akhirat.
Semoga bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita mampu untuk semakin khusyu lagi dalam beribadah

WhatsApp chat