Kesan Warna Pada Interior Rumah

Diposkan pada 18 September 2019

Apa yang terbesit dalam pikiran saat mendengar kata “warna”? Ya, warna dapat memberikan kesan terhadap sesuatu, salah satunya adalah warna yang diapliksikan pada sebuah ruangan. Dalam membuat rumah, tak jarang mereka dibuat bingung untuk memilih warna yang pas untuk rumah idaman mereka. Pada hakikatnya warna mampu menciptakan tampilan yang menarik sekaligus nyaman, oleh karenanya pastikan warna yang digunakan tepat sesuai dengan kesan yang diinginkan. Berikut penjelasan terkait kesan terhadap beberapa warna (diambil dari beberapa sumber).

  1. Warna putih, warna putih dapat memberikan kesan pada ruangan anda bersih, lapang dan sederhana. Penggunaan cat warna putih cocok dipakai untuk ruang dapur pada rumah minimalis Anda.
  2. Warna abu-abu, warna yang menjadi tren untuk desain rumah minimalis. Warna abu-abu bisa memberikan rasa tentram bagi seluruh penghuni rumah dan mampu menciptakan kesan luas. Seperti halnya warna putih, sebaiknya Anda tidak mengaplikasikannya terlalu berlebihan. Karena akan memberikan kesan kaku.
  3. Warna kuning akan memberikan kesan yang enerjik, semangat, dan terkesan mewah. Warna kuning selalu diidentikkan dengan warna emas. Warna ini cocok untuk dinding ruang kerja pada rumah Anda.
  4. Pemilihan warna oranye akan menciptakan kesan hangat, ceria dan penuh kebahagiaan. Warna cat oranye ini akan cocok untuk tembok ruang makan Anda.
  5. Warna hijau merupakan warna alam dan mampu menciptakan kesan teduh yang, bersifat alami, mengandung kedamaian, berkesan santai dan menyejukkan. Warna ini nampaknya akan cocok untuk diaplikasikan pada dinding kamar tidur Anda.
  6. Cat berwarna biru menjadi salah satu warna yang juga banyak disukai untuk dinding rumah. Warna biru laut atau warna biru langit akan memberikan kesan yang nyaman, tenang serta sunyi. Efek dari pemakaian warna biru untuk dinding tembok rumah akan menjadikan ruangan yang sempit tampak terasa lega atau luas. Warna biru sangat cocok untuk dinding tembok kamar tidur Anda.
  7. Warna cat coklat memberikan kesan yang hangat, menciptakan suasana nyaman serta tenang. Warna ini sangat cocok buat tembok ruang tamu atau dinding ruang keluarga. Agar tidak memberikan kesan sepi dan dingin, Anda dapat mengaplikasikannya pada ruangan yang kurannya besar.
  8. Warna hitam selalu terlihat menyeramkan. Dalam sebuah ruangan warna hitam akan memberi kesan sempit, sumpek dan tidak longgar. Tetapi warna hitam juga dapat memberi kesan kuat dan dalam. Warna hitam juga termasuk warna yang formalitas. Ia juga melambangkan sifat perlindungan. Seperti halnya warna merah, warna hitam ini juga akan mempertajam dan memperkuat elemen lain yang dipadukan dengan warna hitam. Kombinasi warna hitam dengan warna putih akan membuat keseimbangan dalam sebuah ruangan. Paduan hitam putih itulah yang sering dinamakan sebagai warna monokrom, yang merupakan kombinasi warna yang masih banyak diminati.

Sumber : http://edupaint.com/warna/pengaruh-warna/8032-kesan-warna-pada-interior-rumah.html, https://www.interdesain.com/arti-dan-makna-warna-dalam-desain-interior-dan-eksterior-rumah

WhatsApp chat