fbpx

KEUNGGULAN RESAPAN BIOFORI

Diposkan pada 13 Februari 2019

Daerah kota besar yang penuh dengan penduduk dan lalu lalang kehidupan yang hiruk pikuk membuat sebagian orang tidak menyadari hal penting tentang perawatan lingkungan. Manusia terus saja membangun tanpa henti dan tidak memperdulikan bagaimana efeknya pada lingkungan sekitar. Hal itu yang kemudian menyebabkan kota-kota besar sering terkena banjir dan beberapa bencana alam yang lain karena bangunan yang terus-terusan dibangun tanpa memperhitungkan efeknya pada alam. Dibalik beberapa oknum tertentu itu, ternyata masih banyak orang yang sadar dan memiliki kepekaan terhadap pentingnya alam sekitar. Salah satunya adalah dengan membuat resapan biopori.

Apasih lubang resapan biopori itu?

Mungkin sebagian orang sudah mengetahui apa itu lubang biopori, untuk yang belum mengetahui lubang resapan biopori. Lubang resapan biopori adalah sebuah lubang silindris yang dibuat masuk ke dalam tanah secara vertikal, sebagai metode resapan air yang tujuannya untuk mengurangi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Prinsip kerja yang dimiliki oleh lubang resapan biopori itu sendiri adalah meningkatkan daya serap tahan dengan cara membuat lubang serta menutupnya dengan menggunakan sampah organik. Nah, sampah organik ini nantinya akan menghasilkan kompos yang dapat memberikan dampak baik bagi fauna tanah sekitar lubang resapan biopori tersebut. Maka secara otomatis, tanah akan menjadi lebih subur karena terdapat banyak pori-pori tanah. Seperti pada gambar di bawah ini :

Selain beberapa manfaat yang sudah terdapat di bagian sebelumnya secara singkat, pada bagian ini akan dijelaskan secara lebih rinci mengenai beberapa manfaat dari lubang resapan biopori, berikut manfaat lubang resapan biopori antara lain:

  1. Penyerapan Air

Salah satu manfaat yang paling utama dari diciptakannya lubang biopori adalah penyerapan air. Biopori mampu meningkatkan daya serap tanah terhadap air sehingga resiko terjadinya penggenangan air atau banjir dalam skala besar tidak terjadi. Selain itu, air yang tersimpan dalam lubang biopori ini dalam menjaga kelembapan tanah bahkan ketika masa musim kemarau.

Pada prinsipnya, dinding lubang biopori yang dibuat dengan ukuran yang sudah dikalkulasikan secara cermat mampu menghasilkan pori-pori yang kemudian membantu tanah dalam menyerap genangan air yang ada di atasnya. Sehingga genangan air yang terjadi dalam skala tertentu bisa dihindari.

  1. Penanganan limbah organik

Manfaat selanjutnya dari lubang biopori adalah sebagai salah satu bentuk penanganan dari limbah organik atau limbah alam yang bisa di daur ulang dan baik untuk kesehatan tanah. Biopori yang diciptakan ini mampu mengubah sampah organik menjadi kompos dan kemudian mampu mengurangi aktivitas membakar sampah yang tidak baik bagi udara karena bisa mengotori udara. Adapan sampah-sampah organik yang bisa dimasukkan ke dalam lubang biopori ini antara lain adalah sampah taman atau daun dan ranting, sampah dapur atau sisa makanan dan sampah hewani.

Sampah hewani ini berguna untuk mempercepat pembentukan kompos sehingga bisa dengan segera diambil. Tetapi, menggunakan sampah hewani terlalu banyak bisa membuat kompos berbau pada fase awal pembuatan kompos. Meskipun begitu, lubang biopori ini cukup membantu dalam menciptakan tanah yang subur dan sehat bagi tumbuhan.

  1. Kesehatan Tanah

Biopori ini juga mampu membuat tanah lebih sehat. Ia dapat meningkatkan aktifitas organisme dan mikroorganisme tanah. Itulah yang kemudian membuat kesehatan tanah semakin membaik dan bagus jika hendak ditanami. Organisme dan mikroorganisme tanah sendiri memiliki fungsi penting sebagai pengikat nitrogen dari atmosfer dan detritivora. Pengikatan nitrogen yang dilakukan mikroorganisme dan organisme tersebut meningkatkan kadar nitrogen dan mengakibatkan penggunakan pupuk anorganik berkurang. Hal itu membuat tanah menjadi lebih sehat. Karena pada dasarnya pupuk anorganik itu sendiri tidak baik untuk kesehatan tanah. Karena yang paling baik untuk kesehatan tanah itu sendiri adalah yang memang berasal dari tanah dan bukan bahan kimiawi yang malah memperburuk keadaan tanah itu sendiri.

  1. Meningkatkan kawasan hijau di halaman rumah

Kawasan hijau ini sangatlah penting dimana pun tempatnya. Apalagi di rumah anda sendiri. Di halaman rumah anda, akan sangat menyenangkan jika setiap pagi anda dapat melihat tanaman hijau di depan rumah anda dan dapat menghirup udara segar tiap pagi dari oksigen yang dikeluarkan pohon-pohonan tersebut. Lubang biopori ini mampu membuat tanah di halaman depan rumah anda lebih sehat. Lubang biopori ini juga mampu di buat di tanah yang tertutup semen. Hal ini tentunya akan membantu anda untuk menanam tumbuhan sehingga rumah anda tampak asri dan sejuk, juga menyenangkan. Dengan bantuan lubang biopori, kesehatan tanah anda dan tanaman anda tidak perlu diragukan lagi.

Demikian adalah beberapa penjelasan singkat mengenai manfaat lubang biopori itu sendiri. Semoga bermanfaat!

 

Sumber :

https://manfaat.co.id/manfaat-lubang-biopori

https://rumahlia.com/tips-trik/manfaat-lubang-biopori

WhatsApp chat