fbpx

Manfaat Ventilasi Bagi Kesehatan

Diposkan pada 11 Oktober 2018

 

Rumah yang sehat harus memiliki sirkulasi udara yang baik, apabila rumah tidak memiliki saluran ventilasi yang baik maka dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi saluran pernapasan dan penyebaran penyakit yang akan di derita oleh penghuni rumah tersebut.

Ventilasi sangat banyak manfaat nya selain menyehatkan ventilasi juga dapat memberikan kualitas pencahayaan yang baik. Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa manfaat ventilasi, diantaranya :

  1. Agar Rumah Tidak Lembab
    Ventilasi dapat menjaga kelembapan dan suhu yang nyaman untuk penghuni rumah. Dengan adanya ventilasi maka hawa rumah tidak terlalu lembab, sehingga kita dapat terhindar dari jamur-jamur dan bakteri yang berbahaya.
  2. Ventilasi Sebagai Tempat Proses Sirkulasi Udara
    Sirkulasi udara merupakan pertukaran keluar masuknya udara dari luar maupun dari dalam rumah. Adanya ventilasi di setiap rumah berfungsi untuk membantu sirkulasi udara segar dari luar rumah akan masuk tentu hal ini akan bagus buat kesehatan penghuni rumah.
  3. Ventilasi Mengeluarkan Polusi Dari Dalam Rumah
    Banyak orang yang tidak menyadari bahwa sumber polusi tidak hanya berasal dari luar rumah, tetapi juga bisa dari dalam rumah. Beberapa contoh polusi yang berasal dari dalam rumah adalah asap rokok, bakteri, atau asap dapur. Dengan adanya ventilasi di rumah, polusi tersebut dapat berganti dengan udara dari luar yang lebih segar dan menyehatkan.
  4. Menghilangkan Kepengapan Dalam Hunian
    Infeksi saluran pernafasan seringkali disebabkan karena udara yang pengap, tidak terjaganya keseimbangan kadar oksigen dan kadar karbondioksida yang terkandung dalam udara. Kadar oksigen yang lebih sedikit akan menyebabkan penghuni rumah rentan menderita infeksi saluran pernafasan seperti radang tenggorokan dan batuk-batuk. Dengan adanya ventilasi, pertukaran udara senantiasa lancar, kadar oksigen akan terjaga keseimbangannya sehingga para penghuni akan terhindar dari infeksi pernafasan akibat pengapnya udara di dalam rumah.
  5. Ventilasi Dapat Menjadi Pintu Alternatif
    Saat terjadi kebakaran, seluruh penghuni yang berada di dalam ruangan yang terbakar harus segera keluar dari ruangan. Ventilasi yang cukup besar seperti jendela rumah dapat menjadi pintu darurat saat terjadi kebakaran. Bahkan di beberapa model rumah telah disediakan alat pemukul kaca untuk berjaga-jaga jika terjadi musibah kebakaran.

 

Maka kesimpulanya, Ventilasi sangatlah bermanfaat dan dapat mempercantik dekorasi rumah mu, Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera pesan rumah di bumi mulia property yang merupakan perumahan dengan konsep islamic green living, disana kamu akan mendapatkan rumah yang sehat dengan ventilasi yang cukup menyegarkan sehingga penghuni rumah tetap sehat, semoga bermanfaat 😊😊 😊 😊

Sumber : https://www.dekoruma.com/artikel/59893/manfaat-ventilasi-rumah

WhatsApp chat