MENCEGAH VIRUS CORONA DI RUMAH

Diposkan pada 18 March 2020

Dalam sepekan terakhir rasa ingin tahu warga di tanah air soal virus corona COVID-19 semakin tinggi setelah World Health Organization (WHO) menetapkan virus ini sebagai pandemi dan meminta Presiden Joko Widodo menetapkan status darurat nasional corona.

Lalu apa itu virus corona COVID-19? Menurut situs WHO, virus corona adalah keluarga besar virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Pada manusia corona diketahui menyebabkan infeksi pernafasan mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrme (SARS).

Gejala COVID-19 yang paling umum adalah demam, kelelahan, dan batuk kering. Beberapa pasien mungkin mengalami sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare. Gejala-gejala ini bersifat ringan dan terjadi secara bertahap.

Namun, beberapa orang yang terinfeksi tetapi tidak menunjukkan gejala apa pun dan tak merasa tidak enak badan. Kebanyakan orang (sekitar 80%) pulih dari penyakit tanpa perlu perawatan khusus. Sekitar 1 dari setiap 6 orang yang mendapatkan COVID-19 sakit parah dan mengalami kesulitan bernapas.

Orang yang lebih tua, dan mereka yang memiliki masalah medis seperti tekanan darah tinggi, masalah jantung atau diabetes, lebih mungkin terkena penyakit serius. Orang dengan demam, batuk dan kesulitan bernapas harus mendapat perhatian medis.

Menurut WHO, virus corona COVID-19 menyebar orang ke orang melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut yang menyebar ketika seseorang batuk atau menghembuskan nafas. Tetesan ini kemudian jatuh ke benda yang disentuh oleh orang lain.

Hingga saat ini, belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan infeksi virus Corona. Oleh sebab itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau agar masyarakat tidak memandang sepele penyakit ini dan senantiasa melakukan tindakan pencegahan.

Berikut langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah Virus Corona dirumah:

  1. Jadikan cuci tangan sebagai bagian rutinitas

Mencuci tangan adalah cara yang mudah, murah, dan efektif untuk mencegah penyebaran virus dan menjaga anak-anak dan orang dewasa tetap sehat. Cucilah tangan dengan air mengalir dengan sabun secara rutin setidaknya selama 20-30 detik, terutama sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, atau berpergian, serta setelah batuk dan bersin. Cuci tangan juga sangat penting dilakukan sebelum menyusui bayi atau memerah ASI. Pastikan seluruh bagian tangan dicuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Lalu keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, atau mesin pengering tangan. Saat Anda menjadikan cuci tangan bagian dari rutinitas Anda, jangan lupa untuk ajarkan dan dampingi anak agar mereka menjadi terbiasa hidup sehat dan disiplin.

  1. Jaga daya tahan tubuh dan jalankan pola hidup sehat

Virus Corona tidak akan bisa menginfeksi pada orang yang memiliki daya tahan tubuh kuat. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh keluarga di rumah, disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur, buah, dan makanan berprotein; telur, ikan, dan daging tanpa lemak.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau untuk menjaga keamanan pangan dengan mencuci dahulu makanan mentah yang akan dimasak, menggunakan talenan dan pisau yang berbeda untuk daging mentah dan makanan yang dimasak, hewan yang sakit dan hewan yang telah mati karena penyakit tidak boleh dimakan. Bahkan WHO juga menyebutkan di daerah yang mengalami wabah, daging dapat dikonsumsi dengan aman jika dimasak dengan matang dan benar.

Selain itu, rutin berolahraga juga bisa menjaga daya tahan tubuh. Berolahraga tidak selalu dilakukan di luar ruangan, smartparents pun bisa melakukan olahraga di dalam ruangan seperti push up, sit up, jogging, squat, lompat tali, dan lain-lain.

Selanjutnya, tidur yang cukup dapat menjaga daya tahan tubuh menjadi optimal. Tidak merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol pun bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah dari penularan virus Corona.

  1. Menjaga kebersihan lingkungan rumah

Hal ini dapat dilakukan mulai dari memerhatikan peralatan makanan dan minuman agar terjaga kebersihannya. Pastikan setiap ruangan dibersihkan secara rutin dan mendapat cahaya matahari dan udara yang cukup melalui ventilasi. Lalu, jangan biarkan sampah menumpuk dan mengganggu kesehatan keluarga.

 

  1. Menyediakan P3K dan peralatan kebersihan di rumah

Selain P3K seperti obat flu, batuk, demam, alkohol, sarung tangan latex, dan masker, perlengkapan kebersihan yang harus smartparents miliki di rumah untuk mencegah virus Corona yaitu sabun, tissue, handuk bersih. In case, sabun dan air tidak tersedia, smartparents bisa menyediakan pembersih tangan berbasis alkohol atau hand sanitizer yang memiliki setidaknya kandungan 60% alkohol, kemudian cuci tangan dengan sabun dan air sesegera mungkin.

  1. Memberikan Edukasi Mengenai Tindakan yang Harus Dilakukan

Sebagai orang tua sepatutnya kita memberikan informasi akurat dan tidak membuat anggota keluarga, khususnya anak panik berlebihan yang berujung takut. Salah satunya, memberi tahu untuk menghindari interaksi dengan orang yang sedang batuk pilek. Karena tidak semua orang yang sedang batuk pilek memiliki kesadaran untuk membatasi interaksi dengan orang yang sehat.

Hal itu juga berlaku jika smartparents terkena batuk pilek, gunakan masker untuk mencegah penularan pada anak dan anggota keluarga lainnya. Lalu, jelaskan etika batuk atau bersin yang benar agar mencegah penyebaran suatu penyakit secara luas dan membuat kenyamanan pada orang disekitarnya.

 

DAFTAR PUSTAKA

Budiansyah, Arif. 2020. Apa Itu Virus Corona dan Cirinya Menurut situs WHO. (cnbcindonesia.com). (diakses 16 Mar 2020)

Adrian, Kevin. 2020. 5 Cara Efektif agar Tidak Tertular Corona Virus. (alodokter.com). (diakses 12 Mar 2020)

Hidayah, Nurul. 2020. 5 Cara Orang Tua Mencegah Virus Corona di Rumah. (blog.ruangguru.com). (diakses 14 Maret 2020)

WhatsApp chat