fbpx

Pandemi Menjadi Momen Yang Pas Bagi Milenial Membeli Hunian

Diposkan pada 19 Oktober 2020

Pandemi memang bukanlah situasi yang menyenangkan, tetapi hal ini ternyata merupakan momen yang pas bagi para milenial untuk membeli rumah! Apa alasannya?

Perubahan perilaku generasi milenial yang tak dapat menjalankan hobi traveling serta berbelanja karena terhalang kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) menjadikannya sebuah peluang baru dalam hal memiliki properti bagi kalangan milenial.

Peraturan tersebut membuat alokasi dana Milenial bisa digunakan untuk membeli hunian properti yang kini berada di harga terbaik berkat berbagai promo para pengembang. Apalagi, saat ini hunian pada masa pandemi adalah menjadi pusat kegiatan, belanja, belajar, beribadah, sampai bekerja.

Mengutip laman Vice.com, pakar keuangan sekaligus penulis, Ilyce Glink mengatakan kalau saat ini merupakan momen terbaik membeli rumah dalam lebih dari satu dekade.

“Kita mendekati salah satu waktu terbaik dalam lebih dari satu dekade untuk membeli perumahan,” kata penulis buku (100 Pertanyaan yang Harus Ditanyakan Setiap Pembeli Rumah Pertama Kali)

 

Beli Rumah Saat Harga Turun

Glink mengatakan, saat ini beberapa pemilik rumah telah diberi jeda, termasuk pilihan untuk menunda pembayaran hipotek dan jeda penyitaan. Tetapi, jika jalur finansial itu tidak diperpanjang dan pengangguran massal terus berlanjut, Glink mengatakan harga rumah bisa turun.

Menurut Glink, peluang ini bisa bertahan hingga tahun 2022. “Akan ada peluang nyata mulai beberapa bulan dari sekarang hingga 2022 untuk membeli rumah dengan harga yang akan lebih rendah daripada sekarang,” ungkapnya.

Peluang yang Baik untuk Milenial dengan Pekerjaan Tetap

Hal ini menjadi peluang yang baik untuk para kaum muda atau milenial yang sudah memiliki penghasilan tetap, stabil dan ingin memiliki properti.

Penelitian yang dilakukan oleh perusahaan properti asal New York, Streeteasy menunjukkan butuh bertahun-tahun untuk harga rumah mencapai titik terendah. Harga sepertiga rumah termurah paling banyak jatuh, tetapi juga paling lama turun lebih dari 20 persen pada April 2012.

Bagi warga Amerika sendiri, Glink menyarankan untuk membeli properti yang diambil alih oleh pemerintah Amerika Serikat atau yang dikenal dengan HUD Homes. Sebab, terdaftar di HudHomStore.com. Selain harganya sangat murah, rumah tersebut membutuhkan pembayaran uang muka yang cukup rendah. Sayangnya, rumah-rumah tersebut terkadang membutuhkan perbaikan besar dan cukup mahal.

Bagaimana Jika Belum Mampu Beli Rumah Saat Ini?

Faktor yang paling penting adalah situasi pekerjaan dan seberapa stabil prospek pekerjaan kamu saat ini dan ke depannya. Jumlah pengangguran sudah mencapai rekor tertinggi di Kanada dan Amerika. Total kehilangan pekerjaan akibat pandemi sudah menyentuh puluhan juta. Kamu beruntung jika pekerjaanmu saat ini masih aman.

Kamu juga harus memertimbangkan situasi hubungan kamu dan pasangan saat ini dan ke depannya. Apakah ada rencana menikah dalam waktu dekat, memiliki anak dan rencana lainnya. Jadi, sebelum memutuskan membeli rumah kamu harus memastikan pendapatan kamu baik untuk saat ini dan ke depannya. Jika kamu merasa belum mampu membeli saat ini, kamu masih bisa memiliki kesempatan setidaknya hingga tahun 2022.

Sudah Siap Membeli Rumah?

Merasa sudah siap membeli rumah? Kamu harus mencari tahu dahulu kemampuan membeli rumah berdasarkan pendapatan dan uang muka yang diperlukan dalam membeli rumah. Untuk memudahkan, kamu bisa coba menghitungnya menggunakan panduan kalkulator KPR. Kemudian coba mencari rumah yang diinginkan dan temukan agen properti terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

Bagaimana, tertarik membeli rumah di saat pandemi ini? Bimulia Land dapat menjadi salah satu solusi untuk mencari rumah impianmu.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Hidayati, Nita. 2020. Dear Millenial, Beli Rumah Saat Pandemi Dinilai Bagus Untukmu! Ini Penjelasannya. (99.co). (diakses 15 Mei 2020)

Leonard, Boy. 2020. Mengapa Pandemi ini Jadi Momen Pas Milenial Membeli Hunian. (rumah.com). (diakses 01 Juli 2020)

WhatsApp chat