Perumahan Islami Investasi Properti Masa Kini

Diposkan pada 18 June 2020

Perkembangan dunia bisnis investasi properti pada saat ini semakin menjadi favorit para masyarakat atau investor yang akan berinvestasi. Tidak hanya itu, perkembangan perumahan islami juga ikut mewarnai dunia investasi properti.

Perumahan islami kini banyak dilirik beberapa developer perumahan karena pangsa pasar yang cukup besar di Indonesia. Semua sudah tahu bahwa penduduk Tanah Air mayoritas beragama Islam. Kondisi inilah yang menjadi strategi jitu untuk menciptakan hunian khusus yang menawarkan kenyamanan dan daya tarik lain khas Indonesia.

Seperti namanya, perumahan islami tentu mengedepankan nilai-nilai dan konsep agama Islam dalam pembangunannya. Konsep tersebut diwujudkan dalam proses pembangunan, bentuk bangunan, lingkungan sosial, transaksi jual beli, dan sebagainya. Berikut penjelasannya:

  1. Wujud Hunian Islami dalam Arsitektur Perumahan

Para developer perumahan mewujudkan hunian islami lewat desain rumah secara keseluruhan. Contohnya dinding ruangan bertuliskan kaligrafi, rumah dilengkapi dengan mushola, ruang dan keran khusus untuk wudhu, serta tata ruang dan letak yang mengikuti anjuran agama.
Untuk bangunannya di desain tertutup, agar orang lain tidak bisa melihat dari luar dan menjaga privasi penghuni. Agar tak tampak individual dan menjaga budaya orang Indonesia yang suka bersosialisasi dengan tetangga, tiap unit rumah biasanya didesain tanpa pagar.

Dalam satu kompleks perumahan juga dilengkapi dengan fasilitas masjid, mushola, atau Taman Pendidikan Al-Quran (TPA). Bila terdapat fasilitas kolam renang, umumnya akan dibuat pembatas antara pria dan wanita atau pengaturan waktu pemakaian.

Untuk menghidupkan nuansa islami di perumahan, biasanya juga diadakan kegiatan rutin bersama seperti shalat berjamaah, pengajian, dan lain-lain. Beberapa perumahan bahkan menerapkan aturan agar penghuninya menutup aurat dan larangan yang dianjurkan agama, seperti dilarang merokok di lingkungan perumahan. Dengan kata lain, perumahan islami menawarkan tempat tinggal yang bernafaskan nilai-nilai agama dari beragam sisi. Termasuk dalam transaksi jual beli unit rumahnya, semua transaksi menganut prinsip dan akad syariah. Dengan demikian, bila ada masyarakat yang ingin tinggal di perumahan islami dan membeli secara kredit, harus lewat bank-bank syariah yang ada.

  1. Ciri-Ciri Rumah Islami

Untuk mengetahui ciri-ciri rumah islami dapat dilihat dari point sebagai berikut:

Berlokasi dekat Masjid atau Mushola

Ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang mengajak umatnya untuk menegakkan shalat berjamaah di masjid atau mushola. Kebiasaan baik yang diganjar dengan pahala dan dihapus dosa-dosanya.

Dengan demikian, tentu sangat menyenangkan bila rumah tinggal berada di dekat masjid atau mushola. Setiap waktu bisa mendengarkan adzan dan bisa mengikuti kajian ilmu dan kegiatan sosial yang diadakan masjid. Hal ini semata untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Fungsional dan Syar’i

Memiliki rumah yang indah sangat dianjurkan, namun akan semakin bertambah manfaatnya bila rumah juga diterapkan fungsional dan syar’i. Misalnya penggunaan ruang dan perabotan sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan.

Sementara syar’i bisa dilihat dari bangunan rumah yang menjaga aurat anggota keluarga, menetapkan ruang untuk ibadah di rumah, kloset kamar mandi tidak menghadap ke kiblat atau membelakanginya, dan konsep rumah islami lainnya.

  1. Minat Masyarakat pada Perumahan Islami

Sejak dikembangkan beberapa tahun lalu, perumahan berkonsep islami memiliki peningkatan minat di kalangan masyarakat. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya developer perumahan yang tertarik membangun kompleks perumahan islami dan bank syariah yang makin diminati.

Beberapa bank konvensional yang sudah memiliki nama besar bahkan memiliki cabang bank syariah untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat. Misalnya menyediakan program KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) syariah, investasi syariah, dan sebagainya. Jenis perumahan islami pun tak kalah beragamnya seperti perumahan pada umumnya.

 

DAFTAR PUSTAKA

Tealaga Jambu. 2019. Perumahan Syariah Trend Investasi Properti Masa Kini. (telagajambudepok.com). (diakses 14 Oktober 2019)

Kurnia, Desi. 2016.  Konsep Perumahan Islami Indonesia . (rumahku.com). (diakses 16 Juni 2016)

Kompas. 2009. Konsep Perumahan Islami, Seperti Apa?. (property.kompas.com). (diakses 04 Juli 2009)

 

WhatsApp chat