fbpx

Playground, Apa Sih Manfaatnya ?

Diposkan pada 26 September 2018

Playground merupakan sarana bermain massal yang mampu menampung banyak anak untuk bermain secara bersamaan, playground adalah sarana bermain aktif, sehingga dalam hal ini dapat melatih ketangkasan motorik maupun sensorik. Mainan outdoor ini terdiri dari berbagai macam mainan yang digabungkan untuk menghasilkan wahana bermain yang kompleks dan menyenangkan, terdiri dari 2 beberapa komponen playground standar seperti, seluncur, terowongan, jembatan tali, tangga, perluncur spiral, alas dan atap. Dapat juga digabung dengan bermacam mainan outdoor lainnya seperti ayunan, peluncur, jungkitan, lingkaran tupai, kuda pir, mangkok putar, rumah peluncur mini, tangga jala, drem molem.

Mainan outdoor ini berada di berbagai macam area seperti di taman kota, tempat bermain anak-anak, restoran, ataupun tempat wisata agar membuat anak-anak lebih tertarik dan merasakan kenyamanan pada saat bersantai dengan keluarga dengan menikmati macam-macam mainan outdoor tersebut. Mainan outdoor merupakan alat pemenuhan kebutuhan tersier, maka dari itu tidak semua tempat, orang, ataupun keluarga memiliki fasilitas mainan outdoor dirumah, hanya orang atau tempat-tempat tertentu yang melengkapinya dengan fasilitas mainan outdoor.

Adapun beberapa manfaat Play Ground yang bisa didapatkan si kecil jika ia bermain bebas diluar rumah bersama teman-temannya, seperti dikutip dari Livescience, Sabtu (13/8/2011) yaitu:

  1. Memiliki perilaku yang lebih baik
    Studi tahun 2009 yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics menunjukkan bahwa anak-anak memiliki perilaku lebih baik jika ia memiliki waktu untuk bermain dengan teman-temannya di taman bermain.Mengajarkan toleransi pada anak
  2. Studi yang dipublikasikan dalam Early Childhood Education Journal tahun 2007 mengungkapkan bahwa bermain bebas membantu anak memiliki kesadaran atau toleransi terhadap orang lain serta mengatur emosinya.
    “Bermain juga membuat anak mengerti tentang aturan-aturan sosial yang ada,” ujar Kathy Hirsch-Pasek, seorang psikolog perkembangan anak di Temple University.
  3. Membuat anak bergerak Berlari-larian atau memanjat mainan membuat anak lebih banyak bergerak dibanding hanya menonton televisi atau bermain komputer. Jika anak-anak sudah terbiasa aktif, maka ia akan menjadi orang dewasa yang aktif, sehingga mengurangi risiko jantung, obesitas dan penyakit lainnya.
  4. Belajar sambil bermain permainan tertentu bisa membuat anak bermain sambil belajar, seperti halnya berhitung. Dengan begitu anak lebih mudah untuk belajar angka atau pertambahan jika permainan yang dilakukan menggunakan skor.
  5. Bermain adalah hal yang menyenangkan bagi anak
    Hirsch-Pasek menuturkan bermain adalah salah satu hal alami yang dibutuhkan oleh anak-anak, yang mana ia bisa berkumpul dengan teman-temannya dan merasa bebas bereksperimen. Selain itu bermain juga menjadi sarana untuk mengembangkan kemampuan motorik anak.

Jadi Kesimpulan nya

Playground sangatlah penting untuk pertumbuhan anak, dijamin deh, tidak ada ruginya untuk menunggu anak bermain selama 20-40 menit di playground, oleh karena itu yuk temani anak bermain playground di hari libur atau bisa juga pasang playground sederhana di halaman rumah.

Semoga Bermanfaat 😊

 

Sumber :

https://health.detik.com/ibu-dan-anak/1702947/manfaat-bermain-di-luar-rumah-bagi-si-kecil

Perancangan Promosi Playground Outdoor “Karya Toy’s Collection” oleh Maria Cayadi , Deny Tri Ardianto &

Erandaru.

WhatsApp chat