TIPS AGAR RUMAH NYAMAN DAN PENUH BERKAH

Diposkan pada 20 February 2020

Rumah merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Di rumah juga seseorang bisa berlindung dari cuaca panas dan dingin, atau sebagai tempat kembali setelah bepergian. Segenap anggota keluarga dapat melakukan berbagai aktivitasnya di rumah, ataupun menjadikan rumah sebagai tempat pembinaan karakter. Selain itu, rumah adalah lokasi terbaik dalam menyemai benih-benih kebaikan serta keimanan dari sebuah keluarga. Sehingga, wajar saja jika setiap orang mendambakan rumah yang nyaman, sejuk, demi terciptanya keluarga sakinah.

Tidaklah cukup hanya sekadar membangun fisik rumah secara mewah serta mentereng. Namun yang terpenting adalah membangun suasana kondusif dengan dinaungi nilai-nilai Islami dan pada akhirnya sanggup menenteramkan batin penghuninya. Rasulullah SAW banyak memberikan tuntunan kepada umatnya yang ingin menjadikan tempat tinggal mereka penuh harmoni dan keberkahan. Syekh Shaleh Ahmad asy-Syaami dalam Berakhlak dan Beradab Mulia mengatakan bahwa umat Islam perlu meniru rumah Rasulullah SAW.

Nabi SAW memberikan panduan agar jangan berlebihan dalam membangun tempat tinggal. Melainkan, rumah seorang Muslim adalah yang cukup untuk sekadar mampu menutupi dari pandangan orang lain dan melindunginya dari bahaya hewan buas. Paling tidak, pedoman sebuah rumah yang baik adalah yang bisa memberikan rasa nyaman serta asri. “Dengan begitu, penghuninya akan merasa nyaman, juga merasa terlindungi,” papar Syekh asy-Syaami.

Sebagai umat muslim, kita berharap dengan diberkahinya rumah yang kita diami, maka senantiasa akan dihadiri oleh para malaikat dan dijauhkan dari setan. Sebab, kehadiran malaikat di rumah kita akan membawa suasana ketenangan, kelapangan, kedamaian, dan kesejukan. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan agar rumah dilimpahi keberkahan.

  1. Membaca Bismillah.

Dalam hadis dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah SAW bersabda:

“Jika seseorang memasuki rumahnya lalu dia menyebut nama Allah saat masuk rumah, begitu pula saat dia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.”

Ketika dia masuk rumahnya tanpa menyebut nama Allah, setan-pun mengatakan (pada teman-temannya), “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Dan ketika dia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan-pun berkata, “Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam.” (HR. Muslim).

  1. Dianjurkan mengucapkan salam, baik ada orang di dalamnya atau tidak.

Allah SWT berfirman:

“Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat (Nya) bagimu, agar kamu memahaminya.” (QS: al-Nur 61)

Dalam hadis riwayat At-Tirmidzi ditegaskan bahwa Rasulullah mengatakan kepada sahabatnya, “Apabila kalian masuk rumah, ucapkanlah salam karena itu bisa memberkati dirimu dan keluargamu” (HR al-Tirmidzi)

  1. Memperbanyak membaca al-Qur’an.

Alangkah indahnya apabila di setiap rumah terdengar ayat-ayat Allah. Dengan membaca al-Qur`an, maka malaikat rahmat akan turun membawa kebaikan dan ketenangan dalam rumah kita. Rumah yang tidak dibacakan al-Qur`an ibaratnya kuburan. Padahal, di dalamnya masih ada penghuninya. Mulailah dari rumah kita, untuk selalu melantunkan ayat-ayat al-Qur`an dengan membaca langsung atau memperdengarkan kaset/CD murattal setiap hari.

“Orang yang membaca al-Qur`an dengan terbata-bata dan ia merasa sulit maka baginya dua pahala.” (HR Muslim)

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya rumah itu akan terasa luas bagi penghuninya, akan di datangi malaikat, dijauhi setan, dan akan dibanjiri pula kebaikan di dalamnya. Sebaliknya, rumah itu akan terasa sempit bagi penghuninya, akan dijauhi malaikat, dan akan didatangi setan serta tidak akan banyak kebaikan di dalamnya, jika tidak dibacakan al-Qur`an. (HR Ad-Darimi)

Al-Qur`an adalah sumber pahala dan rahmat Allah Subhanahu Wata’ala. “Barang siapa yang membaca satu huruf dari al-Qur`an, baginya satu pahala dan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat. ‘Alif laam miim’ itu bukan satu huruf, namun alif satu huruf, laam satu huruf dan miim satu huruf.” (HR Tirmidzi)

  1. Tinggal di hunian Islami.

Rasulullah SAW telah menganjurkan pada umatnya untuk tinggal di lingkungan yang baik, karena pada kenyataannya lingkungan sangat berpengaruh pada kehidupan dan karakter setiap orang. Oleh karenanya, sebuah perumahan yang bisa menuntun keluarga agar selalu dijalan Allah SWT sangat dibutuhkan. Salah satunya adalah perumahan berkonsep islami, sebuah perumahan yang siap menjadi tempat tinggal terbaik bagi keluarga yang ingin lebih giat beribadah dan ingin menjadi pribadi yang lebih baik bersama keluarga tercinta.

DAFTAR PUSTAKA

Heri, Ruslan. 2012. Rumah Yang Penuh Berkah. (republika.co.id). (diakses 22 Jan 2012)

Redaksi. 2019. Tips Rumah Nyaman Dan Penuh Berkah. (intersisinews.com). (diakses 13 Okt 2019)

Admin. 2019. 5 Alasan Mengapa Anda Harus Tinggal Di Perumahan Islami. (deprimabondowoso.com). (diakses 16 Jan 2019)

WhatsApp chat