fbpx

TIPS MEMILIH PERUMAHAN

Diposkan pada 17 Januari 2019

TIPS MEMILIH PERUMAHAN

Memiliki rumah adalah idaman bagi setiap keluarga, perlu dipahami bahwa perumahan juga memiliki plus dan minusnya. Jangan sampai salah pilih, karena kesalahan dalam memilih rumah bisa membuat anda tidak merasa nyaman karena tinggal di dalamnya dan menjadi penyesalan yang berkepanjangan. Tidak mau seperti itu kan?

Oleh karena itu, agar tidak salah pilih dalam memilih rumah ada beberapa hal sebelum membeli rumah.
Berikut tips memilih perumahan :

1. Lokasi
Lokasi rumah harus strategis dan memiliki aksesiblitas yang baik. Selain itu, ada tiga hal yang perlu dipertimbangkan pada saat memilih lokasi, diantaranya :

  • Dekat dengan tempat bekerja
  • Dekat dengan fasilitas pendidikan yang berkualitas
  • Dekat dengan fasilitas kesehatan

2. Lingkungan
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih rumah dengan lingkungan yang baik diantaranya :

  • Setiap ruas jalannya ditanami pohon peneduh.
  • Setiap rumah dilengkapi bak sampah, dan disediakan tempat penampungan sampah sementara untuk masing-masing blok rumah.
  • Perumahan yang baik memiliki sistem drainase yang terpadu. Ada saluran primer, sekunder, dan tersier. Bila selokan dibuat asal-asalan, selain air limbah rumah tangga akan menggenang dan akhirnya menjadi sarang nyamuk, pada musim hujan air juga akan mudah melimpah ke jalan. Akibatnya badan jalan menjadi cepat rusak. Dan untuk jarak minimal antara septic tank dan sumur bor ialah 10 meter.
  • Sistem keamanan yang baik. Perumahan dengan sistem cluster, lebih mudah pengelolaan keamanannya ketimbang sistem linier.
  • Terdapat Sumur Resapan dan Biopori di halaman rumah.

3. Isi Kantong(Budget)
Perhitungkan secara matang pendapatan Anda perbulan dibandingkan dengan besar cicilan yang harus ditanggung nantinya. Perumahan dengan lokasi yang strategis,bebas banjir dan memiliki fasilitas baik tentunya harga yang ditawarkan akan lebih mahal dibanding dengan perumahan biasa. Usahakan memilih rumah sesuai dengan kemampuan budget. Perlu juga memastikan harga rumah yang akan Anda beli sudah mencakup apa saja seperti pembuatan akta jual beli dan sertifikat.

4. Perizinan
Jangan percaya begitu saja kepada pengembang. Pemikiran ini perlu dicamkan, agar Anda tidak menemui kesulitan di kemudian hari. Pasalnya, sekarang banyak pengembang yang bermasalah. Rumah sudah dibayar lunas, tapi sertifikatnya tidak kunjung diserahkan. Oleh karena itu, sejak awal semua izin-izin pengembang harus ditanyakan, agar bisa dipastikan rumah yang dibeli tidak akan bermasalah. Lebih dari itu, supaya lebih aman, jangan segan-segan meminta duplikat surat-surat izin tersebut.

5. Interior dan Eksterior
Jangan lupa untuk selalu mengontrol dan mengawasi pembangunan perumahan. Usahakan anda untuk bisa berkomunikasi dengan pengembang atau mandor pekerja. Diskusikan tentang rencana Anda terhadap rumah yang hendak Anda tempati terkait dengan interior dan eksterior bangunan rumah.

Selain untuk menambah keindahan penambahan interior juga bisa untuk meningkatkan keamanan rumah seperti penambahan teralis besi pada jendela dan pintu. Sedangkan eksterior dapat Anda percantik dengan pemilihan warna cat sesuai dengan selera Anda.

Semoga tips ini bermanfaat 😊

Sumber :

https://www.rumah.com/berita-properti/2016/1/114551/tips-lengkap-membeli-rumah

https://www.sarana-bangunan.com/cara-memilih-perumahan/

WhatsApp chat