fbpx

Tips Mengatur Tata Cahaya Rumah yang Keren dan Sehat

Diposkan pada 5 Desember 2018

Sedang merancang rumah terbaik untuk keluargamu? Jika iya, ketahuilah jika pencahayaan ruangan adalah salah satu elemen yang penting namun terkadang terlupakan. Penataan pencahayaan ruangan tak hanya akan memperanguhi keseluruhan visual desain, tetapi juga kenyamanan bagi faktor kesehatan dari ruangan tersebut.

Ketiga peran pencahayaan, yaitu fungsi, estetika, dan pencipta suasana tersebut dapat diketahui bahwa masing-masing lampu memiliki fungsinya masing-masing. Cahaya yang terang juga akan memberikan nilai estetika yang berbeda dengan cahaya redup.

Lalu, bagaimana caranya mempersiapkan pencahayaan ruangan yang baik dan tepat untuk rumahmu? Berikut tips untuk memilih pencahayaan yang tepat untuk Anda

  1. Utamakan sumber pencahayaan ruangan yang bersifat natural
    Sebelum masuk dan mengutak-atik sistem lampu untuk pencahayaan ruangan di rumahmu, mulailah dari memaksimalkan pencahayaan alami di ruangan tersebut. Pastikan setiap ruangan memiliki ventilasi sebagai sumber pencahayaan ruangan yang natural. Jendela pintu, jendela rumah, bahkan skylight bisa dijadikan pilihan untuk sistem pencahayaan alami di rumahmu.Berikanlah ventilasi secukupnya untuk ruangan dengan kebutuhan cahaya cukup, dan maksimalkan jumlah ventilasi juga memang ruangan tersebut membutuhkan pencahayaan ruangan dengan intensitas yang tinggi.
  2. Sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan ruangan
    Anda yang harus membedakan suasana ruangan yang ingin Anda ciptakan untuk setiap kamar. Perbedaan suasana ini akan mempengaruhi berapa banyak lampu yang harus Anda siapkan berikut jenisnya. Dalam hal ini, Anda bisa memisahkan bagian-bagian ruang dalam rumah Anda terlebih dahulu. Misalnya, kamar tidur berbeda dengan dapur, berbeda juga dengan ruang kerja dan ruang tamu.
  3. Pastikan bahwa pencahayaan Anda akan menunjang keamanan dalam rumah Anda
    Rumah yang redup akan memberikan kesan angker sekaligus memberikan kesempatan kepada para pencuri untuk bertandang ke rumah Anda dalam rangka merampok. Namun, rumah yang terlalu terang juga mungkin bisa mengganggu tetangga Anda karena terlalu silau.
  4. Permainan Elemen Warna Interior dan juga warna lampu pada pencahayaan ruangan
    Perlu kamu ketahui, warna dari cat interior juga akan mempengaruhi suasana pencahayaan ruangan, lho. Jika kamu menginginkan ruangan terang, gunakanlah warna-warna terang seperti putih, abu-abu muda, atau krem
    dengan lampu berwarna putih untuk buat pencahayaan ruangan yang terang.Dan untuk ruangan yang redup dan panas, kamu bisa mengaplikasikan warna-warna earthy-tone dengan lampu berwarna kuning untuk hidupkan nuansa lebih hangat.
  5. Sempurnakan Sistem Pencahayaan Ruangan yang Hemat Energi dan Ramah LingkunganTerakhir, jangan sepelekan sistem pencahayaan ruangan yang hemat energi dan ramah lingkungan. Tak hanya akan bantu berikan sistem pencahayaan ruangan yang lebih baik, memilih lampu yang ramah lingkungan bisa memotong tagihan rekening listrik rumahmu dalam jumlah cukup untuk kamu alokasikan pada aspek lain di rumahmu.

Selamat berkreasi dengan sistem dan desain pencahayaan ruangan di rumahmu!

Sumber :

https://www.dekoruma.com/artikel/74120/memaksimalkan-pencahayaan-ruangan

http://www.megabuildsurabaya.co.id/News-and-Media/News/Tips-Memilih-Pencahayaan-yang-Tepat-untuk-Rumah-Minimalis/

 

WhatsApp chat